Manakah yang Lebih Untung, Beli Motor Credit atau Tunai?

Diposting pada

Type skema pembayaran, tunai serta credit mempunyai keuntungan serta kekurangan semasing. Semestinya sebelum beli motor dengan tunai atau credit, calon customer mesti tahu perbandingan dari dua skema pembayaran itu.

Menjadi contoh, bila satu leasing tawarkan pilihan periode waktu pelunasan contohnya 22 bulan. Di bawah ini contoh pola pembelian motor Yamaha Mio M3 125 SP lewat cara credit saat 22 bulan:

Harga motor: Rp13.080.000 (tunai)

Uang muka: Rp3.000.000

Cicilan per bulan: Rp 700.000

Keseluruhan pembayaran: Uang muka + (cicilan x periode waktu credit) = Rp3.000.000 + (Rp700.000 x 22) = Rp18.400.000 (credit)

Keseluruhan pembayaran itu belumlah termasuk juga cost administrasi yang sekitar Rp200.000 serta untuk ambil motor, cost yang dikeluarkan ialah cicilan pertama + uang muka + cost administrasi, totalnya ialah Rp3.900.000.

Anda cuma butuh membayar Rp3.900.000 di awalnya serta langsung bisa membawa pulang motor yang Anda beli (bila Anda beli dengan credit). Sedang bila dengan tunai, Anda mesti telah mempersiapkan uang sebesar harga motor awal yakni Rp13.080.000. Begitu memberatkan kan?

Keuntungan serta kerugian beli motor dengan credit? Tersebut penjelasannya.

• Beli motor dengan credit akan berasa lebih mudah sebab tidak membutuhkan uang banyak tunai untuk membelinya. Cukuplah membayar uang muka saja.

• Besar angsuran credit dapat juga sesuai dengan pendapatan Anda per bulan.

• Besar angsuran per bulan juga banyaknya sama (masih).

• Keuangan Anda juga masih dapat ditata dengan baik.

• Motor yang dibeli dengan credit bisa dibawa pulang meskipun belumlah lunas, tak perlu menanti uang terkumpul banyak.

• Bila dihitung-hitung, harga motor yang dibeli dengan credit sedikit akan tambah mahal dibanding tiada credit (dibeli dengan tunai).

• Beli motor dengan credit bermakna Anda akan punyai urusan dengan pihak bank. Upayakan selalu untuk membayar angsuran credit motor pas waktu, jangan pernah terlambat.

• Makin lama periode waktu yang Diambil, bermakna makin besar pun bunga yang perlu dibayarkan.

Untuk memastikan apa Anda akan beli motor dengan credit atau dengan tunai, lebih baik cocokkan dengan keadaan keuangan Anda. Bila memang mempunyai uang lebih serta dapat beli dengan tunai, lebih baik memang membelinya dengan tunai saja.

Tapi, jika memang di tiap-tiap bulannya Anda mendapatkan upah yang lumayan besar tapi mesti penuhi beberapa keperluan dan butuh beli kendaraan bermotor, beli dengan credit ialah pilihan pas.

Setelah itu, apa yang perlu didapati sebelum beli motor dengan credit?

Makin besar uang muka yang dibayarkan, jadi makin mudah angsuran perbulan. Begitupun demikian sebaliknya. Tiap-tiap dealer motor pasti tentu mempunyai price daftar yang mengikutkan info besarnya angsuran yang sudah dihitung serta sesuai dengan besarnya uang muka.

Sesudah mempunyai uang muka (uang DP), jadi customer akan memastikan tenor atau periode waktu angsuran. Tenor credit motor umumnya dari mulai 10, 16, 22,26, 28, 32 serta 34 bulan. Pilih tenor yang lebih panjang, jadi angsuran semakin lebih mudah. Demikian sebaliknya, pilih tenor yang lebih pendek, jadi jumlahnya angsuran juga semakin lebih besar.

Leasing akan membayar harga motor yang diharapkan customer pada dealer, jika dokumen kriteria serta proses mengajukan di setujui. Jadi lumrah saja jika leasing memerlukan dokumen kriteria, seperti KTP, Slip Upah, Foto copy KTP, Foto copy PBB, Foto copy Kartu Keluarga, serta Foto copy KTP Orang Tua buat yang berstatus lajang.

Tiap-tiap credit motor, umumnya telah termasuk juga dengan sarana asuransi kendaraan, termasuk juga cost asuransinya. Diluar itu, pembelian motor dengan credit juga memberi sarana berbentuk gratis perawatan motor. Servis gratis umumnya dikasihkan sekitar 4 kali dibarengi ubah oli 1 kali. Akan tetapi sarana ini tidak termasuk juga dalam pergantian suku cadang.

Beli motor dengan credit juga umumnya memberi satu potongan harga berbentuk potongan tenor. Hingga customer dikasih bonus 1 bulan gratis angsuran saat proses angsuran akan tuntas. Serta ada pula promosi potongan harga dari besarnya uang muka.

Potongan harga credit motor tiap-tiap agen dealer serta dealer sah berlainan mekanismenya. Hal tersebut bergantung dari leasing yang berkaitan. Dalam credit motor, leasing menjadi pihak yang membiayai pembelian motor serta dealer yang menyiapkan tersedianya motor.

Ajukan credit motor memang memberi keringanan buat Anda. Akan tetapi Anda pun butuh tahu beberapa prasyarat serta beberapa hal yang punya pengaruh pada kesepakatan credit Anda serta tiap-tiap mengajukan credit motor itu memerlukan proses.

Maka bila mengajukan Anda belumlah di setujui coba lihat kembali besar pendapatan serta catatan credit Anda awal mulanya serta kriteria yang disuruh. Apa Anda cukup sudah penuhi kriteria mengajukan credit motor? Bagaimana, apa Anda masih tetap tertarik untuk beli motor dengan credit?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *