Ciri Busi Motor Yang Ingin Rusak atau Telah Ingin Soak

Diposting pada

Sudah pernahkah agan alami satu permasalahan seperti mesin motor tidak ingin hidup walau sebenarnya dapat starter, speedometer, klakson, serta lampu menyala dengan normal. Saya sendiri sempat juga alami peristiwa jelek ini beberapa waktu lalu.

Akan begitu menyusahkan bila motor kita sulit hidup waktu ingin kerja, bahkan juga parahnya kembali saat dalam perjalanan jauh. Mending jika berhenti siang hari, ini justru waktu malam hari ditambah sulit temukan bengkel paling dekat, dapat kritis kan?.

Kehadiran busi ini memang terpenting sekali sebab terkait dengan proses pembakaran BBM di mesin. Busi jadi salah satunya elemen sebagai tolak ukur bagus atau tidaknya proses pembakaran, bekasnya bergantung kombinasi BBM yang cocok, serta k0mpresi yang bagus.

Karena itu agan harus tahu ciri busi ingin mati semenjak awal, supaya perihal yang tidak diharapkan berlangsung di perjalanan. Busi motor standard umumnya mesti ditukar tiap-tiap 7.500 km sekali, jika penggunaan normal dapat sampai 9 bulan.

Sebelum busi yang agan pakai mati keseluruhan, lebih baik cek dengan teratur atau sekurang-kurangnya memerhatikan pertanda yang akan saya terangkan berikut ini :

Dari Nada Mesin
Dengarkan nada mesin saat dihidupkan dalam kondisi netral. Apa terdengar halus serta suaranya rata? bila Ya bermakna busi normal. Tapi bila terdengar nada mesin yang kasar bermakna busi motor agan bisa jadi rusak.

Sulit dinyalakan
Busi yang mulai rusak umumnya berpengaruh saming pada sulitnya menghidupkan mesin, sebab busi tidak membuahkan percikan api yang cukuplah di ruangan bakar. Kalau menyala membutuhkan seringkali starter, hingga aki jadi cepat habis.

Delayed
Tanda-tanda ke-3 yang dapat berlangsung sebab busi mulai mati ialah saat agan melajukan motor dijalanan tidak diduga mesin mendadak mati, tapi cocok kita gas kembali mesin hidup kembali, atau umumnya dinamai delayed (mesin mati sesaat)

Akselerasi menyusut
Jika agan terasa akselerasi motor kurang optimal dari umumnya, perihal ini bisa jadi dikarenakan busi yang mulai memiliki masalah. Saat menarik gas, tarikan motor jadi tidak seresponsif umumnya.

Penelusuran Fisik Busi

Busi yang kurang bagus dapat tampak dari ujung elektrodanya apa kotor? atau telah tipis ? perihal ini dapat agan kenali sama dengan gambar diatas.

Bila motor agan berhenti, lalu starter serta kelistrikan masih tetap normal dapat lakukan beberapa pengetesan untuk mengidentifikasi busi mati berikut ini :

Dianjurkan untuk lakukan service teratur sesuai dengan saran pabrikan motor semasing, supaya keadaan busi dapat tampak serta dapat juga dikerjakan perawatan. Perawatan busi ini umumnya seperti penelusuran elektrode busi serta pembersihan dari kerak karbon.

Janganlah lupa pun tetap pakai sparepart dengan kode busi yang benar sesuai dengan standard pabrik, supaya terlepas dari rusaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *