Berapakah Lama Motor Mesti Dipanaskan?

Diposting pada

Hello riders, kesempatan ini kita akan mengulas mengenai berapakah lama motor mesti dipanaskan.

Pertanyaan ini cukuplah umum ditanyakan oleh beberapa riders serta berpendapat serta perspektif semasing.

Tapi untuk bahasan kesempatan ini, Inside Helmet akan memudahkan serta mengurucutkan ke 2 kelompok, yakni mesin karbu serta mesin injeksi.

Tapi yang perlu untuk diketahui, bila motor mempunyai engine checking waktu kontak dinyalakan, janganlah langsung riders pencet engine starternya ya, sebab ini justru dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

Seperti yang kita ketahui, motor lama rata-rata mempunyai mesin karbu serta motor keluaran yang lebih baru telah diperlengkapi dengan fuel injection (atau mesin injeksi). Karakter ke-2 type mesin berikut yang memberi ketidaksamaan berarti pada cara memanaskan motor kita.

Skema manajemen mesin moderen akan pastikan kombinasi bahan bakar betul-betul tidak seperti hari-hari penyusunan choke pada karburator supaya lancar dari mulai dingin. Serta minyak sintetis moderen memperoleh minyak yang mengalir secara cepat untuk melumasi mesinnya, walau dalam keadaan dingin.

Jika kata orang sich setelah dinyalain langsung jalan saja gan, itu sebab mesin-mesin moderen dengan skema injeksi telah didesign serta diprogram demikian rupa untuk pastikan bensin serta oli dalam kondisi yang maksimal.

Berlainan dengan motor karburator mesti harus ditata terlebih dulu dengan pertolongan choke supaya mesin yang dingin bisa disediakan dengan baik.

Lantas, dengan kita tidak menanti lama waktu motor dipanaskan (terpenting dalam kondisi side stand), perputaran hawa yang masuk ke mesin waktu motor digerakkan jadi lebih baik hingga motor juga tidak cepat panas.

Yang tentu, waktu mesin baru dinyalakan riders DILARANG menggeber atau langsung riding dengan RPM yang tinggi ya.

Jika di sejumlah motor injeksi seperti Honda Vario, kadang RPM semakin lebih tinggi terlebih dulu di awal-awal menyalakan motor. Nantikan saja sampai RPM turun yang cuma seputar 5-10 detik lantas motor telah siap dipakai.

Untuk motor dengan mesin karbu memang membutuhkan dikit waktu pemanasan sebelum dipakai serta berikut pun mengapa ada choke yang bisa dipakai untuk buka selang bensin serta meningkatkan RPM untuk menyiapkan mesin.

Tetapi berapakah lama? Tak perlu semakin lama riders, cuma sampai RPM mulai konstan serta tidak “gagap”, motor telah siap dipakai. Kurang lebih 1-2 menit juga cukup sudah untuk menyiapkan mesin dan oli yang peluang cukup kental.

Ditambah lagi di cuaca di Jakarta atau di kota-kota yang lain yang cukuplah panas, cold engine is not a thing gan, terkecuali tinggalnya di Puncak yaa. 😛

Jadi sebetulnya, motor karbu serta motor injeksi walaupun mempunyai type yang berlainan terpenting dibagian teknologinya, motor itu semestinya cuma dipanaskan (warming up) cuma sesaat saja.

Meskipun itu motor karbu dengan memakai choke waktu dipanaskan, jangan pernah kelamaan ya riders ditambah lagi jika sampai mesti didiamkan saat 5-10 menit.

Yang ada kelak mesin jadi overheat serta untuk beberapa masalah justru membuat oli ngerembes (terpenting waktu side stand sebab tempat oli miring).

Diluar itu, dengan tidak menanti lama tentunya memberi waktu yang bertambah cepat untuk pergi lho. Ada yang miliki opini lainnya? Monggo dishare pun dibagian komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *