Bingung Pilih Premium, Pertamax, atau Pertalite? Ini Perbedaannya

Diposting pada

Sebelum meluncurkan Pertalite, Pertamina pasarkan beberapa macam BBM untuk kelas customer yang berlainan. Premium sebenarnya di pasarkan untuk pemakai kendaraan umum serta sepeda motor yang memerlukan BBM murah, walau kurang ramah buat mesin. Sedang Pertamax serta Pertamax Plus diperuntukkan untuk kendaraan pribadi kelompok kelas menengah ke atas.

Di bawah ini banyak hal yang memperbedakan pada Premium, Pertamax, serta Pertalite.

1.Nilai oktan
Bilangan oktan atau research octane number (RON) ialah angka yang tunjukkan kemampuan desakan atau kompresi BBM pada mesin. Makin tinggi kandungan oktan satu type BBM, dampaknya pada kapasitas mesin makin baik. Dengan BBM beroktan tinggi, residu atau kotoran bekas pembakaran pada mesin dapat diminimalisir. Sebab harga nya sangat murah, Premium mempunyai RON 88, sedang Pertamax serta Pertamax Plus semasing 92 serta 95. Pertalite, sebagai “produk penengah” pada Premium serta Pertamax, mempunyai RON 90.

2.Warna cairan
BBM type Premium mempunyai warna kuning cerah, yang datang dari zat pewarna penambahan (dye). Sedang Pertamax, yang berwarna biru kehijauan, serta Pertamax Plus, yang berwarna merah, tidak memakai pewarna hingga pembakarannya lebih prima. Sekarang, Pertamina meluncurkan Pertalite, yang berwarna hijau jelas menjadi efek pencampuran bahan Premium dengan Pertamax.

3.Harga
Sesudah subsidi BBM dicabut, harga Premium sekarang sampai Rp 7.300 per liter. Sedang harga Pertamax dibanderol dari Rp 9.300 (Jakarta serta sekelilingnya) sampai Rp 21.700 (Papua) per liter. Akan tetapi Pertamina sampai sekarang belumlah membuka harga jual yang pasti untuk Pertalite. Meskipun begitu, dalam pengakuan pada alat di beberapa peluang, direksi Pertamina menyebutkan Pertalite akan di jual Rp 8.300-8.500 per liter.

4.Volume penjualan
Berdasar pada perhitungan rata-rata harian dari Pertamina, tingkat mengkonsumsi Premium sampai 70-80 ribu kiloliter, sedang Pertamax 8.000 kiloliter. Untuk Pertalite, Pertamina akan mengalirkan 8 kiloliter BBM untuk tiap-tiap SPBU selama saat eksperimen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *